Komisioner Tinggi UNHCR

Komisioner Tinggi PBB untuk urusan Pengungsi: António Guterres

António Guterres menjabat sebagai Komisioner Tinggi PBB untuk urusan pengungsi yang ke-10 sejak 15 Juni, 2005. Guterres yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Portugis, terpilih oleh Sidang Umum PBB untuk menjalankan tugas untuk periode lima tahun. Pada bulan April 2010, Sidang Umum PBB sekali lagi menunjuk Guterres untuk memimpin UNHCR di periode berikutnya.

Sebagai Komisioner Tinggi, ia memimpin salah satu organisasi kemanusiaan terbesar di dunia. UNHCR telah dua kali memenangkan Nobel Peace. Staff-nya yang berjumlah lebih dari 7,685 orang di 125 negara memberikan perlindungan dan bantuan kepada jutaan pengungsi, orang yang kembali ke negaranya, pengungsi internal dan orang tanpa kewarganegaraan. Lebih dari 85 persen dari staff-nya bekerja di lapangan yang seringkali berada dalam situasi sulit dan berbahaya. Pada tahun 2012, dana yang dibutuhkan UNHCR untuk beroperasi adalah US$3.59 billion.

Sebelum bergabung dengan UNHCR, Guterres bekerja dalam sektor pemerintahan dan layanan publik selama lebih dari 20 tahun. Guterres menjabat sebagai Perdana Menteri Portugis sejak 1995 hingga 2002, dan selama waktu itu beliau terlibat erat dengan upaya internasional dalam menyelesaikan masalah di Timor Timur. Sebagai Presiden dari European Council pada awal tahun 2000, beliau memimpin pengadopsian Lisbon Agenda dan mengambil posisi sebagai co-chair dari pertemuan European Union-Africa yang pertama. Beliau juga mendirikan Portuguese Refugee Council pada tahun 1991 dan mengambil bagian sebagai Council of State of Portugal tahun 1991 hingga 2002.

Sejak tahun 1981 hingga 1983, Guterres menjabat sebagai anggota Parliamentary Assembly of the Council of Europe, serta sebagai ketua Committee on Demography, Migration and Refugees. Disamping itu, beliau aktif dalam Socialist International, sebuah organisasi global untuk partai politik sosial demokratik. Beliau menjabat sebagai wakil ketua organisasi tersebut selama tahun 1992 hingga 1999 dan menjabat sebagai ketua pada 1999 hingga pertengahan 2005.

Guterres lahir pada tanggal 30 April 1949 di Lisbon dan belajar di Instituto Superior Técnico, dimana beliau masih aktif sebagai guru besar tamu. Guterres menikah dan memiliki dua orang anak.

Komisioner Tinggi Terdahulu
UNHCR telah melalui kepemimpinan 10 orang Komisioner Tinggi. Baca mengenai Komisioner Tinggi terdahulu dalam link ini.
 

 

Komisioner Tinggi UNHCR

António Guterres menjabat sebagai Komisioner Tinggi PBB untuk urusan pengungsi yang ke-10 sejak 15 Juni, 2005.

Sejarah UNHCR

UNHCR telah memilki sejarah yang panjang sejak pertama didirikan pada tahun 1950. Saat ini UNHCR telah dua kali memenangkan Nobel dan membantu jutaan orang diseluruh dunia.

Struktur UNHCR

UNHCR memiliki mekanisme dan kepemimpinan yang terstruktur dengan baik untuk memastikan kebutuhan orang - orang yang menjadi perhatian UNHCR terpenuhi.

Sekilas Tentang UNHCR

Kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) didirikan pada 14 Desember 1950 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Organisasi ini memiliki mandat untuk memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan internasional dalam melindungi pengungsi dan menyelesaikan permasalahan pengungsi di dunia.