Siapa Yang Kami Bantu

Orang - orang yang Menjadi Perhatian UNHCR

Secara global, UNHCR memberikan bantuan bagi jutaan orang di dunia yang meninggalkan negara asal mereka karena melarikan diri dari penganiayaan dan atau konflik oleh manusia yang membahayakan hidup dan kebebasan mereka. Orang – orang ini adalah mereka yang disebut sebagai pencari suaka, pengungsi, atau pengungsi dalam negeri sendiri atau IDPs. Orang – orang yang menjadi perhatian UNHCR selanjutnya juga mencakup orang – orang yang tidak memiliki kewarganegaraan dan orang – orang yang pulang atau kembali ke negara asalnya (bekas pengungsi, pencari suaka, dan atau IDPs yang sudah merasa aman untuk kembali). Diantara orang – orang yang menjadi perhatian UNHCR, perhatian besar diberikan kepada individu – individu yang tergolong rentan, yaitu para wanita, ibu yang tidak didampingi suaminya, anak – anak dibawah 18 tahun, orang tua atau manula dan orang cacat.
 

Di Indonesia, UNHCR terutama menangani pencari suaka dan pengungsi yang statusnya ditentukan dalam proses penentuan status pengungsi atau RSD. Akhir – akhir ini (2009), UNHCR mulai memberikan perhatian pada orang yang tidak memiliki kewarganegaraan di Indonesia.

Sampai dengan akhir Maret 2014, sebanyak 7,218 pencari suaka terdaftar di UNHCR Jakarta secara kumulatif dari Afghanistan (44%), Iran (14%) dan Myanmar (8%). Sementara sejumlah 3,405 pengungsi terdaftar di UNHCR Jakarta dari Afghanistan (36%), Myanmar (23%), Somalia (9%) dan Sri Lanka (8%). Namun, belum ada jumlah pasti untuk jumlah orang tanpa kewarganegaraan.
 

Pengungsi

Saat ini (sampai dengan Desember 2011) terdapat 1,006 pengungsi yang terdaftar di Indonesia.

Pencari Suaka

Mereka yang tidak memperoleh status pengungsi disebut sebagai pencari suaka.

Orang-orang Tanpa Kewarganegaraan

Seseorang yang stateless adalah seseorang yang tidak dianggap warga negara oleh negara manapun.

Pengungsi Internal

Di Indonesia, UNHCR hanya memberikan perlindungan dan bantuan bagi pengungsi internal manakala terdapat permintaan dari Pemerintah.

Cerita Tentang Mereka

Berada di tempat yang tidak seharusnya seringkali menyulitkan, namun kita tidak akan mengetahui rasanya sampai kita mengalaminya sendiri. Mereka yang telah mengalaminya, berbagi cerita.
 

Orang - orang yang menjadi perhatian UNHCR

Secara global, UNHCR memberikan bantuan bagi jutaan orang diseluruh dunia yang meninggalkan negara asal mereka karena konflik yang disebabkan oleh manusia yang dapat membahayakan keadaan mereka.